Minggu, 01 Juni 2014

sejarah musik rock



                        “Sejarah music rock”

Musik rock adalah musik genre terpopuler sejak pertengahan 50-an. Akar musik rock yg paling kuat yaitu pada musik “Blues&Rhythm” lalu pada pertengahan itu musik rock sudah memproduksi sebuah lagu rock and roll pertama yg berjudul”Rocket 88” yaitu dirilis oleh”Jackie Brenston”.
Bunyi musik rock ini sangat khas dan sangat berbeda dengan musik lainnya,musik rock ini sering berkisar dengan gitar listrik dan gitar akustik dan penggunaan back beatnya pun sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bassnya dan drum,dan organ atau piano pda sejak 70-an.pda disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika pun itu kadang bergaya seperti blues dan sering digunakan sebagai instrumen musik solo.


pada akhir tahun 50-an dan awal tahun 60-an sudah banyak pendengar muda yg mendengarkan musik campuran yaitu dari musik “rock and roll”,”pop”,dan musik”R&B”.namun musik rock pun ini masih dilihat sebgai jenis musik sendiri sampai tahun 1960-an,yaitu dengan adanya motown,rolling stones,dan the beattles.

Dan pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musik rock ini berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu bercampurnya dengan musik folk (musik daerah di amerika) yang menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz pun, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin.pada tahun 70an, rock sudah berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti glam rock, soft rock,heavy metal,hard rock progressive rock, dan punk rock. kategori ini,rock pun yang memuncak ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock.dan ditahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar